Rabu, 09 Mei 2012

Binatang Halal dan Haram


Binatang Halal dan Haram

1.    Binatang Halal
11) Binatang darat /Hewan ternak (QS.5:1
  
Dihalalkan bagimu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. (yang demikian itu) dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakan haji.

2  2) Binatang Laut/Air (QS.16:14)
“Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.
Hadits Nabi:
هُوَ الطَّهُوْرُ ماءُهُ الْحِلُّ مَيْتَتُهُ (رواه الترميذي)
“Laut itu suci airnya dan halal bangkainya.”(HR. Tirmidzi dari Abu Hurairah)
Tentang belalang, hukumnya halal sesuai Hadits:
غَزَوْنا مَعَ النّبِيِّ ص.م. سَبْعَ غَزَواتٍ أَوْ سِتّاً كُنّاَ نَأْكُلُ مَعَهُ الجَرَادَ رواه البخاري
“Kami telah bersama Rasulullah saw. tujuh kali atau enam kali peperangan dan kami makan belalang bersama beliau.”(HR. Bukhari dari Ibnu Abi ‘Aufa)
2.    Binatang Haram
1    1)Nas Al qur’an
a.        Bangkai
b.       Darah
c.        Daging babi
d.       Daging binatang yang disembelih atas nama selain Allah
e.       Binatang yang dicekik
f.         Binatang yang dipukul
g.        Binatang yang jatuh
h.       Binatang yang ditanduk
i.         Binatang yang telah dimakan binatang buas
j.         Binatang yang disembelih untuk berhala

Firman Allah dalam QS. 5 : 3
“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah[394], daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya[395], dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Maka barang siapa terpaksa[398] karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
[394]    Ialah: darah yang keluar dari tubuh, sebagaimana tersebut dalam surat Al An-aam ayat 145.
[395]    Maksudnya Ialah: binatang yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk dan yang diterkam binatang buas adalah halal kalau sempat disembelih sebelum mati.
 [398]   Maksudnya: dibolehkan memakan makanan yang diharamkan oleh ayat ini jika terpaksa.
2) Nas Hadits
a. Khimar/Keledai jinak
نَهَى النَّبِيُّ ص.م. عَنْ لُحُوْمِ الحُمُرِ الأَهْلِيَّةِ رواه البخاري ومسلم
“Nabi melarang memakan daging himar jinak.”(HR. Bukhari dan Muslim dari Jabir dalam Bulughul maram)
b. Binatang bertaring yang buas, berkuku dan berparuh tajam untuk mencengkram
نَهَى رسولُ اللهِ ص.م. عَنْ كُلِّ ذِيْ نَابٍ مِّنَ السِّباعِ وعَنْ كُلِّ ذِيْ مِخْلَبٍ مِّنَ الطَّيْرِ رواه مسلم)
“Rasulullah saw. telah melarang memakan setiap binatang bertaring dari jenis binatang buas dan setiap jenis burung yang berkuku tajam (untuk mencengkram).”(HR. Muslim dari Ibnu Abbas)
c. Hewan pemakan kotoran (jallalah)
نَهَى رسولُ اللهِ ص.م. عَنِ الجَلالَةِ وأَلْبانِها رواه الأربعة)
“Rasulullah melarang memakan hewan pemakan kotoran dan meminum air susunya.”(HR. Al arba’ah dari Ibnu Umar)
d. Menjijikkan
“Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk (menjijikkan).”(QS. 7:157)
e. cicak/tokek
عن سعد بن أبي وقاص :أن النبي [ص] أمر بقتل الوزغ وسماه فويسقا رواه مسلم
dari sahabat Sa’ad bin Abi Waqqas RA, bahwa Nabi SAW, memerintahkan agar kita membunuh cicak, dan beliau menyebutnya sebagai fuwaisiq (binatang jahat). (Riwayat Muslim)
مَنْ قَتَلَ وَزَغًا فِى أَوَّلِ ضَرْبَةٍ كُتِبَتْ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ وَفِى الثَّانِيَةِ دُونَ ذَلِكَ وَفِى الثَّالِثَةِ دُونَ ذَلِكَ رواه مسلم
“Barang siapa yang membunuh cicak dengan sekali pukulan, maka ia mendapatkan pahala seratus kebaikan, dan bila ia membunuhnya pada pukulan kedua, maka ia mendapatkan pahala kurang daripada itu, dan bila pada pukulan ketiga, maka ia mendapatkan pahala kurang daripada itu.” (Riwayat Muslim).
3) Haram karena diperintah membunuhnya
Ular, burung gagak, tikus, anjing gila, dan burung elang (diterangkan dalam Hadits Riwayat Muslim)
4) Haram karena dilarang membunuhnya
نَهَى رسولُ اللهِ ص.م. عَنْ قَتْلِ أَرْبَعٍ مِنَ الدَّوابِ : النَّمْلَةِ والنَّخْلَةِ والهُدْهُدِ والصُّرَدِ رواه أحمد وأبوداود
“Rasulullah saw. melarang membunuh empat macam hewan, yaitu: semut, lebah, burung hud-hud, dan burung suradi.”(HR. Ahmad dan Abu Daud dari Ibnu Abbas)

Hewan-hewan yang diperselisihkan
a)         landak:
- yang mengharamkannya: Abu Hanifah dan Ahmad
- yang menghalalkannya: Malik dan Syafi’e
Dalil yang mengharamkannya, ialah hadith dari Ibn Umar dalam riwayat Ahmad dan Abu Daud. Namun isnadnya dhaif. Oleh itu yang rajih ialah: halal.
b) katak:
- yang menghalalkannya: Malik
Dalilnya:
i- Umum ayat Allah:
“Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan” (al-Maidah:96)
ii- Umum hadith tentang air dan bangkai haiwan di lautan.
Dia (laut) suci airnya dan halal bangkainya. (Riwayat Malik, al-Syafi’e dan imam yang empat).
Kedua-dua dalil ini umum tentang hidupan / haiwan di laut (air), lalu ia mencakupi katak; kerana katak termasuk dalam kategori soidul bahr.
- yang mengharamkannya: Ahmad
Dalilnya:
Hadith Abd. Rahman Bin ‘Uthman tentang seorang doctor bertanya kepada nabi SAW tentang hukum menjadikan katak sebagai ubat (untuk dimakan), lalu nabi SAW melarang dari membunuhnya. (Riwayat disahihkan oleh al-Hakim. Dalam sanadnya ada Sa’id Bin Khalid al-Qurtubi: didhaifkan oleh an-Nasai tetapi dithiqahkan oleh Ibn Hibban serta kata ad-Daraqutni: dia Madaniyy yang boleh dibuat hujah dengannya).
Justeru itu, jika nabi melarang dari dibunuh katak sedangkan tujuannya adalah untuk suatu yang penting seperti dijadikan ubat, tentulah ia tidak boleh dimakan sembarangan. Larangan makannya pula tentulah kerana ia memang haram dimakan. Ini kerana nabi SAW jika melarang dari membunuh sesuatu haiwan, maka ia mungkin kerana kehormatannya seperti manusia atau kerana haram dimakan seperti katak.
Asy-Syawkani pula seakan-akan tidak bersetuju dengan kaedah binatang yang dilarang bunuh bererti haram dimakan; lantaran baginya ia tidak jelas. Namun yang rajih ialah: katak haram dimakan.
c) buaya:
• yang menghalalkannya: Malik, sebahagian dari Syafi’e dan sebahagian yang lain. Ini kerana ia termasuk di dalam soidul bahr. Oleh itu tentulah ia terkandung di dalam ayat surah al-Maidah:96 tersebut.
• yang mengharamkannya: Abu Hanifah dan sebahagian lain. Ini kerana ia termasuk di dalam binatang buas, lalu termasuk di dalam kategori bintang buas bertaring. Sudah tentu telur buaya juga haram dimakan.
d. Penyu – Binatang yang memang tinggal di laut dan juga yang tinggal di darat, tiada khilaf dikalangan ulama’. Akan tetapi, binatang yang hidup didalam dua alam, wujudnya khilaf dikalangan ulama’, ternasuklah penyu. Berkata Dr Abdullah Faqih :- “Ulama; membenarkan memakan penyu atas umum perintah Allah swt :- (Makanlah dari apa yang ada di bumi yang halal lagi baik 2:168) dan juga firmannya (padahal Allah telah menerangkan satu persatu kepada kamu apa yang diharamkanNya atas kamu 6:119) dan mereka bercakap mengenai rekomendasi penyu : apa yang hidup di darat, tidak ada perselisihan mengenainya, dan apa di bumi dan laut seperti anjing air dan penyu tersedapat khilaf di kalangan mereka, mereka yang rekomen berkata : sesiapa yang tidak mempercayainya, dicadangkan mula2 sekali keluar dari perselisihan”
Ibn Qudamah rh. didalam al-Mughni mengatakan bahawa penyu boleh dimakan sekiranya disembelih. Katanya:
“Semua yang hidup didarat dari kalangan binatang laut, tidak halal tanpa disembelih, sebagaimana burung laut, penyu, anjing laut, melainkan ia tidak berdarah seperti ketam dihalalkan tanpa sembelih”
Jumhur mengharamkan binatang yang hidup dua alam. Walau bagaimanapun kalangan ulama’ yang berpegang kepada pandangan ini membenarkan memakan telur penyu, telur kura-kura, telur tuntun juga telur labi-labi. Tetapi mereka sepakat mengharamkan memakan telur ular kerana sifatnya beracun.
e) dubuk dan musang:
Telah dibincangkan sebelum ini. Dubuk dan Musang tidak termasuk dalam katagori as-Siba’ (makan menggunakan taring). Imam as-Syafi’e berpandangan bahawa as-siba’ yang diharamkan ialah yang menyerang manusia seperti singa, harimau dan serigala dengan taringnya. Oleh itu dubuk dan musang adalah halal.
Abu Hanifah pula berpendapat bahawa karnivor adalah as-sabu’ di antaranya: gajah, dubuk dan kucing. Semuanya haram disisinya.
Hujah al-Syafi’e berhubung dengan dubuk:
- Ia tiada taring, sebaliknya semua giginya memang sama tajam.
- Andai kata diterima bahawa ia memiliki taring, ia bukan dari kategori as-siba’ yang disebut di dalam hadith.
- Pendapat ini dipersetujui oleh Ibn al-Qayyim.
Hadits Jabir. Beliau ditanya tentang dubuk: Adakah dubuk binatang buruan? Jawabnya: ya. Beliau ditanya lagi: adakah ini disabdakan oleh nabi SAW? Jawabnya: ya. (Riwayat Abu Daud, At-Tirmizi dan disahihkannya serta an-Nasa-i dan Ibn Majah. Disahihkan juga oleh al-Hakim).
f) Siput Babi:
Siput babi atau dalam Bahasa Arab disebut Halazun, diperselisihkan ulama tentang hukumnya. Imam Malik dan fuqaha Malikiyyah berpendapat bahawa halazun barriy (siput babi) halal dimakan. (Al-Mudawwanah 1/542). Manakala sebahagian ulama berpendapat: Ia haram dimakan.
ِAntaranya Ibn Hazm dalam Muhalla (7/405).
Banyak binatang yang masalah halal atau pun haramnya tidak disebutkan dalam Al qur’an dan Hadits. Maka untuk mengetahui hokumnya kalangan Ulama’ mengambil jalur analogi/qiyas dengan biatang yang sudah ada hukumya baik nas Al qur’an atau pun Hadits.
Sementara ada yang berpedoman pada Hadits Nabi saw.

الْحَلَالُ مَا أَحَلَّ اللَّهُ فِي كِتَابِهِ وَالْحَرَامُ مَا حَرَّمَ اللَّهُ فِي كِتَابِهِ وَمَا سَكَتَ عَنْهُ فَهُوَ مِمَّا عَفَا عَنْهُ

“Yang halal adalah apa yang dihalalkan Allah di dalam kitab-Nya, dan yang haram adalah apa yang diharamkan Allah di dalam kitab-Nya, dan apa yang Dia diamkan adalah sesuatu yang Dia maafkan."

     g) Kepiting
Kelompok yang mengharamkan umumnya berangkat dari pendapat bahwa umat Islam diharamkan memakan hewan yang hidup di dua tempat, air dan darat. Misalnya: katak, penyu dan lainnya. Biasanya orang menyebutkan dengan istilah amphibi, atau dalam istilah fiqihnya disebut barma''i.

Keharaman hewan amphibi ini banyak dijumpai di berbagai kitab  fiqih, terutama dari kalangan mazhab As Syafi''i. Salah satunya adalah kitab Nihayatul Muhtaj karya Imam Ar-Ramli. Di sana secara tegas disebutkan haramnya hewan yang hidup di dua alam. Namun sebenarnya kesimpulan bahwa hewan yang hidup di dua alam itu haram dimakan, juga masih menjadi ajang perbedaan pendapat. Hal itu disebabkan lantaran dalil-dalil yang digunakan oleh mereka yang mengharamkan hewan amphibi dianggap kurang kuat.

Sedangkan kelompok kedua berpendapat bahwa kepiting halal hukumnya. Kelompok ini menilai dalil-dalil tentang haramnya hewan amphibi kurang kuat. Apalagi kepiting juga dinilai bukan termasuk hewan amphibi. Sehingga kalau pun bisa diterima pendapat bahwa hewan yang hidup di darat dan di air itu haram, toh kepiting tidak termasuk di dalamnya.

Pendapat bahwa kepiting itu bukan hewan dua alam dikemukakan oleh banyak pakar di bidang perkepitingan. Umumnya mereka memastikan bahwa kepiting bukan hewan amfibi seperti katak. Katak bisa hidup di darat dan air karena bernapas dengan paru-paru dan kulit.

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Dr. Sulistiono dalam makalah “Eko-Biologi Kepiting Bakau (Scylllaspp)” dan penjelasannya tentang kepiting yang disampaikan pada Rapat Komisi Fatwa MUI pada hari Sabtu, 4 Rabi’ul Akhir 1423 H/15 Juni 2002M, menyimpulkan bahwa di alam ini terdapat 4 (empat) jenis kepiting bakau yang sering dikonsumsi dan menjadi komoditas, yakni: Scylla Serrata, Scylla Tranquebarrica, Scylla Olivacea, dan Scylla Pararnarnosain. Keempat jenis kepiting bakau ini oleh masyarakat umum hanya disebut dengan “kepiting”.

Selanjutnya disimpulkan juga bahwa (1) Kepiting adalah jenis binatang air, dengan alasan: bernafas dengan insang, berhabitat di air dan  tidak akan pernah mengeluarkan telor di darat, melainkan di air karena memerlukan oksigen dari air. (2) Kepiting (termasuk keempat jenis di atas)  hanya ada yang : hidup di air tawar saja, hidup di air laut saja, dan hidup di air laut dan di air tawar. Tidak ada yang hidup atau berhabitat di dua alam (laut dan darat).

Berdasarkan firman Allah Swt: “Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut[443] sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.” (QS. Al Maidah [05]: 96)

Dan hadits Rasulullah Saw: “Air laut itu menyucikan dan halal bangkainya.” (Menurut Imam Bukhari hadits ini Sahih, lihat Fiqh Sunnah karya Sayyid Sabiq Bab Ath’imah)

Maka dapat disimpulkan bahwa kepiting adalah binatang yang halal dikonsumsi sepanjang tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia. Di Indonesia, Majelis  Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengelurakan fatwa halalnya kepiting pada tanggal  4 Rabi’ul Akhir 1423 H/ 15 Juli 2002 lalu.
والله أعلم بالصواب .............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berkah Bersama Islam - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger